Kamis, 28 Januari 2016

A. Dari bit  ke informasi

Bit (binary digital) adalah sistem bilangan yang hanya mengenal dua macam angka yaitu berupa 0 dan 1. Hanya dengan dua kemungkinan bilangan inilah komputer dapat menyajikan informasi yang begitu berguna bagi peradaban manusia.
Bit-bit dapat digunakan untuk menyusun karakter apa saja. Istilah karakter dalam dunia komputer berarti:
1) huruf, misalnya A dan z,
2) digit, seperti 0, 2 dan 9,
3) selain huruf maupun digit, seperti tanda + serta & dan bahkan simbol seperti $.

B. Satuan data

1. Byte
Terbentuk dari delapan bit. Sebuah byte merupakan kumpulan bit terkecil yang dapat dimengerti komputer. Sebuah byte mewakili angka desimal dari 0 sampai 255. Byte juga digunakan untuk mewakili huruf-huruf, angka-angka, simbol-simbol lain dalam bentuk ASCII (American Standart Code for Information). Sebagai contoh, bila Anda mengetik huruf A pada keyboard, komputer merekamnya sebagai kode ASCII 65 dan menerjemahkannya dalam perhitungan biner sebagai 01000001 – yang merupakan 1 byte.

2. Kilobyte
    Kilobyte sama dengan 1.024 byte.
3. Megabyte
    Megabyte sama dengan 1.024 kilobyte
4. Gigabyte
    Gigabyte sama dengan 1.024 MB
5. Terabyte
    1 Terabyte = 1024 Gigabyte
6. Petabyte
    1 Petabyte = 1024 terabyte

C.Satuan waktu dan frekuensi

Kecepatan komputer dalam memperoses sebuah data sangatlah tinggi. Orde waktu yang digunakan untuk mengerjakan sebuah intruksi jauh dibawah 1 detik. Itulah sebabnya terdapat beberapa satuan waktu yang perlu anda ketahui.

    Satuan     : Milidetik
    Ekivalen  : 1/1.000 detik

    Satuan     : Mikrodetik
    Ekivalen  : 1/1.000.000 detik

    Satuan     : Nanodetik
    Ekivalen  : 1/1.000.000.000 detik

    Satuan     : Pikodetik
    Ekivalen  : 1/1.000.000.000.000 detik

Frekuensi diukur dengan satuan hertz. Frekuensi berarti jumlah siklus dalam satu detik. 1 hertz berarti bahwa dalam satu detik terbentuk sebuah siklus. Ukuran frekuensi yang lebih besar yaitu kilohertz dan megahertz. 1 kilohertz (KHz) = 1000 hertz (Hz) dan 1 megahertz (MHz) = 1000 kilohertz.
D.Sistem pengkodean karakter

Sistem yang digunakan untuk mengkodekan data ada bermacam-macam. 3 yang terkenal adalah :
  • System ASCII (American Standart Code for Information Interchange), menggunakan 7-bit guna menyajikan beberapa data. Sistem ini digunakan oleh beberapa pabrik komputer secara bersama-sama sehingga menghasilkan suatu standart yang baku untuk semua jenis komputer. Walaupun ASCII menggunakan kode 7-bit , tetapi dalam pelaksanaannya tetaplah 8-bit yang digunakan. Sebab masih menggunakan extra bit yang digunakan untuk mendeteksi berbagai kesalahan yang timbul.
  • System EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code) menggunakan 8-bit guna menyajikan data yang ada. Dengan adanya 8-bit ini, tentu saja jumlah data yang disajikan menjadi lebih besar, yaitu sebanyak 28 atau 256 kombinasi. 4 karakter yang berada disebelah kiri disebut sebagai zone-bits, dan 4 karakter sisanya disebut sebagai numerik bits. Kode-kode ini banyak digunakan oleh komputer IBM ataupun peralatan yang menggunakan standart IBM.
  • Unicode adalah sebuah karakter yang dinyatakan dengan 16 bit. Alhasil, standar ini dapat mencakup 65.536 krakter. Dengan cara seperti ini berbagai simbol dalam bahasa seperti arab dan china bisa ditampung.
E. Konversi sistem biner dan sistem desimal

Sistem bilangan biner adalah sebuah sistem penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1.
  • Konversi sistem biner ke sistem desimal
  • Bagian Unit Sistem
Unit Sistem adalah kotak yang mengandung komponen-komponen elektronik dari komputer yang digunakan untuk proses data. Biasanya disebut dengan Chassis.
Komponen-komponen yang ada di dalam unit system,seperti:
Processor
Memory atau Primary Storage
Power Supply Unit / Catu daya
Motherboard
Expansion Card


info lebih lanjut www.swadharma.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar