:: Kecerdasan Buatan ::
Kecerdasan Buatan adalah salah satu cabang Ilmu pengetahuan berhubungan dengan pemanfaatan
mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi.
Winston & Prendergent (Turban,Mc Lean. Wheterbe,1999)
Mengungkapkan Bahwa tujuan AL meliputi :
- Membuat mesin lebih pintar
- Memahami kecerdasaan
- Membuat mesin lebih berguna
Perbandingan Kecerdasaan Buatan dan Kecerdasan Manusia
Menurut Kaplan, sebagaimana diutarakan oleh Turban, McLean, dan Wetherbe (1999, hal 478)
Kelebihan AI terhadap kecerdasaan alami (manusia) sebagai berikut :
- AI lebih bersifat permanen.
- AI menawarkan kemudahan untuk mengandakan atau disebarkan.
- AI dapat lebih murah daripada kecerdasaan alami.
- AI bersifat konsisten dan teliti.
- AI dapat didokumentasi.
Bidang-bidang Aplikasi AI
Al dipergunakan Untuk ::
- Membantu aplikasi komputer yang sangat mudah bagi pemakai.
- Meningkatkan pemecahan masalah secara cepat dan konsisten.
- Membantu menyelesaikan masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan cara konvensional.
- Membantu menyelesaikan masalah yang mengandung data yang tidak lengkap atau kurang jelas.
- Menagani informasi yang berlebihan (dengan cara melakukan pengikhtisaran atau
menginterpretasian informasi)
- Meningkatkan Produktivitas dan melakukan banyak tugas.
- Membantu melaksanakan pencarian dan atau suatu pola berdasarkan jumlah data yang sangat
besar.
Pengolahan Bahasa Alami
Adalah bidang AI yang berurusan dengan pemahaman bahasa manusia (inggris,jepang,indonesia,
dan sebagainya). Perkembangan ini membuat komputer mampu menerjemaahkan dari bahasa satu
ke bahasa lainnya.
Visi Komputer
Adalah suatu bidang AI yang berurusan dengan pengenalan terhadap suatu objek dan kemudian
digunakan untuk pengambilan keputusan.
Pengenalan Percakapan
Adalah suatu proses yang memungkinkan komputer dapat mengenali suara.
Teknologi ini membuat khayalan yang membuka pintu gua dengan suara dapat diwujudkan.
Robotika
Robot adalah peranti elektromekanik yang dapat diprogram untuk melakukan otomasi terhadap
suatu tugas yang biasanya dilakukan manusia.
Sistem Pakar
Sistem pakar adalah sistem yang meniru kepakaran (keahlian) seseorang seseorang dalam tertentu
dalam menyelesaikan suatu permasalahan (Horn, 1986).
Logika Kabur
Logika kabur (fuzzy logic) adalah suatu teknik yang digunakan untuk menangani ketidakpastian
pada masalah masaah yang memiliki banyak jawaban.
Jaringan Saraf
Jaringan saraf (neurall network), terkadang disebut artificial neural network/AAN atau komputasi
saraf (neural computing), adalah suatu bidang AI yang meniru pola pemprosesan dalam otak
manusia yang berbasiskan pada pengenalan pola.
Algoritma Genetika
Algoritma genetika atau komputeasi adaptif/adaptive computing diperkenalkan pertama kali oleh
John H. Holland pada tahun 1975.
Beliau adalah seorang profesor psikolgi dan ilmu komputer di universitas michigan.
Algoritma genetika adalah suatu pendekatan yang meniru kemampuan makhluk hidup dalam
beradaptasi dengan lingkungan sehingga terbentuk proses evolusi untuk mengatasi masalah
dengan lebih baik.
- Mutasi
mencoba kombinasi proses secara acak dan mengevaluasi hasilnya.
- Crossover
mengombinasikan bagian dari hasil yang baik dan harapannya.
- Seleksi
pemilihan proses yang baik
Sistem Alhibrida
Sistem alhibrida atau terkadang dinamakan sistem cerdas hibrida (hybrid intelligent system) adalah
system yang menggabungkan beberapa AI untuk memanfaatkan atau memadukan keunggulan
masing-masing teknologi.
Agen Cerdas
Agen cerdas (intelligent agen) adalah perangkat lunak yang bertindak seperti orang yang mampu
berinteraksi dengan lingkungan.
Contoh Penerapan Agen Cerdas :::
- Agen SistemOperasi
- Agen SpreadSheet
- Agen Perdagangan Elektronis
Topik Lain-Lain
- Cyborg
adalah campuran antara mesin dan makhluk hidup dengan kata lain manusia yang dipasangi
peralatan elektronik misal alat pemacu jantung.
- Artificial Life
adalah bidang studi yang mempelajari dan memahami kehidupan biologis dengan cara
melakukan perpanduan dengan bentuk kehidupan buatan.
- Pembelajaran Mesin
adalah sistem yang secara otomatis dapat meningkatkan kinerjanya melalui pengalaman.
Info lebih lanjut: www.swadharma.ac.id
0 komentar:
Posting Komentar